IMG-LOGO
Kegiatan Desa

Sosialisasi Pengenalan Kombucha Salak oleh Mahasiswa KKN PPM UGM Periode 2 2023 di Desa Sudimoro, Magelang

Create By Ahmad Solikhin 19 August 2023 84 Views

Magelang, 31 Juli 2023

 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN PPM UGM) dari periode 2 tahun 2023 melaksanakan kegiatan sosialisasi pengenalan kombucha salak di Desa Sudimoro, Magelang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kombucha, manfaatnya, pembuatan, pengemasan, dan mengajak masyarakat untuk mencoba produk lokal berbasis kombucha sari salak. Selain itu, sosialisasi ini juga diiringi dengan pembagian poster dan stiker kombucha serta menyelenggarakan kuis mengenai kombucha dengan hadiah menarik bagi peserta yang menjawab dengan benar.

 

Apa itu Kombucha?

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang berasal dari teh yang telah difermentasi dengan koloni bakteri dan ragi. Proses fermentasi ini menghasilkan minuman yang kaya akan nutrisi dan probiotik yang baik untuk kesehatan.

 

Manfaat Kombucha Salak 

1. Pengenalan manfaat kombucha menjadi hal penting dalam sosialisasi ini. Beberapa manfaat kombucha bagi kesehatan antara lain:

2. Menyokong Sistem Pencernaan: Kombucha mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan menjaga keseimbangan flora usus.

3. Menyediakan Antioksidan: Minuman ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan menangkal kerusakan sel.

4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Kombucha juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin dan nutrisi penting.

5. Meningkatkan Energi: Dalam kombucha, terdapat kafein yang berasal dari teh dan juga enzim yang dapat membantu meningkatkan energi secara alami.

6. Dapat digunakan sebagai obat terapi diabetes. Menurut jurnal dari Universitas Brawijaya, kombucha salak berpotensi untuk menggantikan peran metformin sebagai obat diabetes.

 

Pembuatan Kombucha Salak

Sosialisasi ini juga memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan kombucha salak. Alat dan bahan yang diperlukan, yaitu 

  1. 400 g salak

  2. 400 ml air

  3. Scoby dan starter kombucha

  4. Gula pasir

  5. Saringan keju

  6. Toples kaca, kain, dan karet.

Proses pembuatan kombucha melibatkan beberapa langkah, seperti:

  1. 400 g salak dikupas, dicuci, dan dipotong kecil-kecil.

  2. Salak yang telah dikupas kemudian dicampur dengan 400 ml air, dihaluskan, dan disaring.

  3. Sari salak diberi gula pasir dengan perbandingan 1 g gula/10 g sari salak.

  4. Berikutnya, dilakukan pasteurisasi atau pemanasan pada suhu 65°C selama 30 menit.

  5. Kemudian, dinginkan pada suhu ruang lalu campurkan dengan starter kombucha dengan perbandingan 1 g starter/10 g sari salak.

  6. Masukkan sari salak ke toples kaca, tutup  dan ikat dengan kain, lalu tunggu selama 14 hari pada suhu ruang.

 

Pengenalan Pengemasan Kombucha Sari Salak

Selain itu, pengemasan teh kombucha juga diperkenalkan pada sosialisasi ini. Dalam pembuatan teh kombucha, pemilihan botol untuk menyimpan minuman ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Ada 2 tipe botol yang diperkenalkan, yakni botol kaca dan botol plastik. Botol kaca adalah jenis botol yang paling umum digunakan untuk menyimpan produk. Botol plastik yang terbuat dari bahan food grade dapat menyimpan produk, tetapi tidak dianjurkan untuk penyimpanan produk dalam waktu yang lama. Pengemasan yang menarik dan higienis sangat penting untuk menjaga kualitas produk dan menarik minat konsumen.

 

Pendistribusian Poster dan Stiker Kombucha

Untuk mendukung sosialisasi ini, para mahasiswa KKN PPM UGM juga mendistribusikan poster dan stiker kombucha kepada masyarakat Desa Sudimoro. Poster dan stiker tersebut berisi informasi mengenai kombucha, manfaatnya, serta cara pembuatan kombucha. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat dan potensi minuman kombucha.

 

Kuis Mengenai Kombucha dan Hadiah Menarik

Sosialisasi diakhiri dengan kuis mengenai kombucha. Kuis ini bertujuan untuk menguji pemahaman masyarakat tentang kombucha setelah mendapatkan informasi dari sosialisasi. Peserta yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan hadiah menarik, seperti produk kombucha sari salak atau hadiah-hadiah lain yang berhubungan dengan minuman kombucha.

 

Dengan dilaksanakannya sosialisasi pengenalan kombucha salak ini, diharapkan masyarakat Desa Sudimoro dapat lebih mengenal dan memahami manfaat kombucha serta mengapresiasi produk lokal kombucha sari salak. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk mencoba dan mengkonsumsi minuman kombucha sebagai pilihan yang sehat dan bergizi dalam menjaga kesehatan mereka.

 

Oleh: Dhiya Nabilla Susatyo/KKN-PPM UGM PERIODE 2 2023