IMG-LOGO
Kegiatan Desa

Mengenal Kegiatan Posyandu dan Posbindu di Dusun Sempon: Upaya Meningkatkan Kesehatan dan Gizi Masyarakat

Create By Ahmad Solikhin 19 August 2023 190 Views

Sempon, 31 Juli 2023

 

Dusun Sempon, sebuah wilayah yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah berhasil mengimplementasikan kegiatan Posyandu dan Posbindu sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) merupakan program pelayanan kesehatan yang dijalankan oleh masyarakat di tingkat desa atau dusun. Kegiatan Posyandu dan Posbindu ini dilakukan secara rutin dengan melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa KKN PPM UGM periode 2 tahun 2023 dalam pencatatan data dan penerimaan tamu.

 

Kegiatan Posyandu untuk Balita

Posyandu di Dusun Sempon menyediakan berbagai layanan kesehatan dan gizi untuk balita dan ibu hamil. Kegiatan Posyandu diadakan secara periodik dan teratur, biasanya satu atau dua kali dalam sebulan. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Posyandu adalah sebagai berikut:

- Ukur Tinggi Badan Balita: Petugas kesehatan akan mengukur tinggi badan balita dengan menggunakan alat pengukur tinggi badan yang tepat. Pengukuran ini penting untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita.

- Menimbang Berat Badan Balita: Selain pengukuran tinggi badan, berat badan balita juga diukur dengan menggunakan timbangan khusus balita. Data berat badan ini membantu dalam penilaian status gizi balita.

- Ukur Lingkar Kepala Balita: Pengukuran lingkar kepala balita dilakukan untuk memantau pertumbuhan otak dan perkembangan saraf balita. Hal ini penting untuk mendeteksi kemungkinan masalah pertumbuhan pada bayi dan balita.

- Pemberian Makanan Sehat: Sebagai bagian dari upaya pencegahan gizi buruk dan stunting, Posyandu juga menyediakan makanan sehat untuk balita. Makanan sehat ini diberikan dengan bimbingan dari petugas kesehatan agar memenuhi kebutuhan gizi balita.

 

Kegiatan Posbindu untuk Ibu dan Dewasa

Selain untuk balita, Dusun Sempon juga melaksanakan kegiatan Posbindu yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi ibu dan dewasa. Kegiatan ini berfokus pada pencegahan dan deteksi dini penyakit serta monitoring kesehatan. Beberapa kegiatan dalam Posbindu meliputi:

- Mengukur Tinggi Badan Ibu: Petugas kesehatan akan mengukur tinggi badan ibu untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan tubuhnya.

- Menimbang Berat Badan Ibu: Pengukuran berat badan ibu penting untuk memantau kesehatan dan perkembangan fisiknya.

- Mengukur Lingkar Perut: Pengukuran lingkar perut dilakukan untuk memantau perkembangan berat badan dan mengidentifikasi risiko obesitas atau gangguan metabolik.

- Mengukur Tensi Darah: Pengukuran tekanan darah merupakan langkah penting untuk mendeteksi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Peran Mahasiswa KKN PPM UGM dalam Kegiatan Posyandu dan Posbindu

Partisipasi mahasiswa KKN PPM UGM periode 2 tahun 2023 dalam kegiatan Posyandu dan Posbindu sangat berarti bagi masyarakat Dusun Sempon. Mahasiswa berperan dalam pencatatan data hasil pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar perut, dan tensi darah. Data-data ini penting untuk memantau perkembangan kesehatan dan gizi masyarakat secara keseluruhan.

 

Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam penerimaan tamu dan memberikan pendampingan bagi masyarakat yang datang untuk mengikuti kegiatan Posyandu dan Posbindu. Dengan keterlibatan mahasiswa, kegiatan Posyandu dan Posbindu menjadi lebih efektif dan terarah.

 

Melalui kegiatan Posyandu dan Posbindu yang dilaksanakan secara berkala di Dusun Sempon, diharapkan kualitas kesehatan dan gizi masyarakat dapat terus ditingkatkan. Program ini menjadi contoh baik upaya partisipatif masyarakat dalam mengelola kesehatan dan gizi dengan dukungan dari mahasiswa KKN PPM UGM. Semoga upaya ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Dusun Sempon.

Oleh: Dhiya Nabilla Susatyo/KKN-PPM UGM PERIODE 2 2023