IMG-LOGO

Semarak Lomba Mewarnai Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia di Balai Desa Sudimoro, Magelang

Create By 19 August 2023 107 Views

Indonesia, negara dengan kekayaan budaya dan sejarah yang melimpah, memperingati Hari Kemerdekaan setiap tahunnya dengan berbagai acara meriah. Salah satu acara yang tak kalah meriah adalah lomba mewarnai bagi anak-anak TK dan SD yang diselenggarakan di Balai Desa Sudimoro, Magelang, sebagai bagian dari rangkaian perayaan kemerdekaan pada tanggal 6 Agustus 2023. Lomba mewarnai ini bukan hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga wadah untuk memupuk kreativitas serta semangat cinta tanah air pada generasi muda.

Dalam lomba mewarnai ini, peserta berasal dari berbagai dusun di sekitar Sudimoro, seperti Dusun Jombong, Sudimoro, Kemukus, Argopeni, Dersanan, Banaran, Kranggan Lor, Kranggan Kidul, dan Sempon. Kehadiran anak-anak dari berbagai dusun ini menambah semarak acara dan menggambarkan keragaman budaya serta persatuan dalam merayakan kemerdekaan.

Lomba mewarnai ini dilaksanakan pada pagi hari, dimulai pukul 08.00 WIB. Suasana pagi yang cerah dan segar menjadi latar yang sempurna untuk acara yang penuh semangat ini. Peserta tiba dengan penuh semangat, membawa serangkaian alat gambar dan krayon warna-warni yang siap mengisi gambar-gambar yang telah disiapkan oleh panitia.

Kolaborasi yang luar biasa terjadi dalam penyelenggaraan lomba mewarnai ini. Lembaga Pengembangan Pemberdayaan (LPP) Desa Sudimoro bekerjasama dengan Tim Kuliah Kerja Nyata - Program Pengabdian kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2023, Sub-Unit 3 dan Sub-Unit 4 Desa Sudimoro, berhasil menghadirkan acara yang lancar dan berkesan.

Dengan panduan dan bimbingan dari panitia, peserta lomba mewarnai dengan penuh antusiasme melibatkan diri dalam mengisi gambar-gambar yang berkaitan dengan tema kemerdekaan Indonesia. Warna-warni ceria dari krayon anak-anak menghiasi lembaran kertas putih, menciptakan karya seni yang penuh makna dan keindahan.

Tidak hanya hadiah bagi para pemenang yang menjadi sorotan, tetapi setiap peserta mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas usaha dan kreativitas yang mereka tuangkan dalam setiap goresan tangan mereka. Lomba ini menjadi ajang pembelajaran berharga bagi anak-anak untuk mengenali sejarah dan makna perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, lomba mewarnai ini juga membangun kebersamaan dan persatuan antara anak-anak dari berbagai dusun. Mereka belajar untuk bekerja sama, menghargai perbedaan, dan merayakan momen bersejarah bersama-sama. Acara ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan artistik, kreativitas, serta menggali rasa nasionalisme sejak dini.

Dengan terlaksananya lomba mewarnai ini dengan baik, Balai Desa Sudimoro, Magelang, telah memberikan kontribusi berharga dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Semaraknya acara, antusiasme peserta, dan kerja sama lintas generasi dan komunitas menjadi simbol semangat cinta tanah air yang harus terus ditanamkan dan dijaga.

Semoga acara semacam ini terus berlanjut setiap tahunnya, memberikan semangat dan inspirasi bagi anak-anak untuk menjadi generasi penerus yang berdedikasi pada bangsa dan negara. Merdeka!