IMG-LOGO
Potensi Desa

Salak Madu, Salak Pondoh, dan Salak Gading: Menggali Keunikan Jenis Salak sebagai Komoditas Unggulan Desa Sudimoro

Create By Ahmad Solikhin 19 August 2023 142 Views

Desa Sudimoro, terletak di kaki Gunung Merapi, dikenal sebagai daerah yang subur dan menghasilkan berbagai jenis salak berkualitas tinggi. Ketiga jenis salak yang menjadi komoditas unggulan di desa ini adalah Salak Madu, Salak Pondoh, dan Salak Gading. Artikel ini akan menggali keunikan masing-masing jenis salak tersebut yang membuatnya menjadi daya tarik bagi pasar lokal maupun nasional.

 

1. Salak Madu: Kelezatan Dengan Rasa Manis yang Menggoda

Salak Madu merupakan salah satu varietas salak yang paling populer di Desa Sudimoro. Buahnya berukuran sedang hingga besar, memiliki kulit cokelat kekuningan dengan duri yang lembut. Nama "Madu" diberikan karena rasanya yang manis seperti madu, dengan daging yang lembut dan renyah. Salak Madu sering diolah menjadi manisan, dodol, atau dikonsumsi segar sebagai buah penyegar. Keunikan rasa dan tekstur inilah yang membuat Salak Madu diminati oleh banyak konsumen, baik dari kalangan lokal maupun luar daerah.

 

2. Salak Pondoh: Si Raja Salak dari Desa Sudimoro

Salak Pondoh adalah varietas salak yang menjadi ciri khas dan identitas Desa Sudimoro. Buahnya berukuran sedang hingga besar, memiliki kulit coklat kekuningan dengan duri-duri halus. Rasa manisnya yang khas dan daging yang tebal menjadikan Salak Pondoh sebagai varietas salak yang sangat dihargai. Selain itu, Salak Pondoh memiliki daya tahan yang baik, sehingga dapat dijaga keawetan buahnya untuk dipasarkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

3. Salak Gading: Keanggunan dan Kelezatan dalam Satu Buah

Salak Gading adalah varietas salak yang memiliki keunikan tersendiri di Desa Sudimoro. Buahnya berukuran kecil hingga sedang, dengan kulit berwarna putih kehijauan dan tekstur daging yang manis serta kenyal. Nama "Gading" diberikan karena kulitnya yang berwarna putih seperti gading. Salak Gading memiliki keistimewaan rasa manis yang konsisten dan tidak terlalu banyak biji, sehingga menjadi pilihan favorit bagi penggemar salak.

 

Konservasi dan Promosi Jenis Salak Unggulan

Penting untuk menjaga keberagaman dan kualitas varietas salak unggulan di Desa Sudimoro. Upaya konservasi bibit unggul, perawatan tanaman yang baik, dan pemilihan teknik budidaya yang tepat akan meningkatkan hasil produksi dan kualitas buah salak. Selain itu, promosi yang baik juga diperlukan untuk meningkatkan popularitas dan daya tarik pasar dari ketiga jenis salak unggulan ini.

 

Kesimpulan

Salak Madu, Salak Pondoh, dan Salak Gading adalah tiga jenis salak yang menjadi komoditas unggulan di Desa Sudimoro. Setiap varietas memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri yang membuatnya diminati oleh pasar lokal maupun nasional. Keberagaman jenis salak ini menjadi kebanggaan dan potensi ekonomi yang penting bagi masyarakat Desa Sudimoro. Upaya dalam konservasi dan promosi jenis salak unggulan perlu terus dijaga agar keberadaan dan popularitasnya terus meningkat dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Dengan demikian, komoditas salak dari Desa Sudimoro akan tetap menjadi daya tarik bagi pecinta salak di seluruh Indonesia.

 

Oleh: Dhiya Nabilla Susatyo/KKN-PPM UGM PERIODE 2 2023



96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Potensi Desa